2013 telah dimulai. Tentunya Anda telah membuat berbagai target dan
resolusi yang ingin dicapai dan diperbaiki di tahun baru ini. Mengawali
tahun baru dengan kebiasaan baik pastilah akan membawa dampak yang baik
pula. Nah, berikut ini adalah 10 cara untuk menjadi pribadi yang lebih produktif sehingga meningkatkan kualitas diri Anda.
1. Buang yang tidak perlu.
Ada berapa file yang sekiranya tidak penting atau tumpukan kertas
yang tidak terpakai? Daripada menyimpannya dan membuat lingkungan
menjadi kotor dan tidak nyaman, lebih baik menyingkirkannya. Kalau perlu
sortirlah
e-mail spam dengan
e-mail penting agar tidak terlalu menumpuk di dalam
Inbox.
2. Delegasikan!
Sebelum Anda merencanakan untuk mengerjakan sesuatu sendiri, pikirkan
terlebih dahulu, adakah seseorang yang ahli dalam bidang tersebut?
Lebih baik serahkan kepada yang lebih mumpuni sehingga tidak akan
membuang waktu Anda untuk
trial dan
error. Ingat, Anda tidak harus pintar dalam segala hal. Anda hanya perlu pintar mencari orang pintar.
3. Bekerja efektif.
Pelajari beberapa hal yang memang akan sering dilakukan, seperti
shortcut
dalam komputer untuk membuat kinerja Anda lebih cepat dan efektif.
Biasakan menyimpan barang pada tempatnya sehingga Anda tidak perlu
bingung mencarinya kemana-mana. Catat keperluan belanja Anda sehingga
Anda tidak perlu bolak-balik toko untuk membelinya. Hal-hal kecil dan
sepele seringkali membawa dampak yang besar.
4. Tutuplah masa lalu.
Simpan semua pekerjaan Anda di tahun lalu dalam satu folder dan
mulailah membuat folder baru untuk pekerjaan yang Anda kerjakan tahun
ini. Singkirkan barang-barang yang menumpuk di atas meja Anda yang tidak
pernah Anda pakai, dan letakkan yang hanya Anda perlukan untuk
sehari-hari.
5. Saling memahami.
Belajarlah cara berkomunikasi yang baik dengan orang lain. Jangan
sampai mendatangkan kesalahpahaman bila Anda sedang berbicara dengan
orang lain karena akan menimbulkan banyak kekacauan. Tanyakan saja apa
yang mereka maksud dan apakah mereka mengerti maksud Anda. Ingat:
The quality of your life is depend on the quality of your communication.
6. Action!
“Iya sebentar…” “Nanti saja dikerjakannya…” Buang semua
iya-nanti-sebentar dalam diri Anda. Bila bisa dikerjakan sekarang,
kerjakanlah sekarang! Latih juga hal ini kepada karyawan Anda. Waktu
adalah hal yang sangat berharga yang kadang orang lupa akan hal itu,
sehingga mereka sering menyepelekannya.
7. Review & Rencanakan
Daripada bosan dan melalui hari dengan itu-itu saja, sebaiknya Anda mulai mengoret-oret kalender dan menulis sebuah rencana.
Review
apa yang telah kamu rencanakan dan buat prioritas tiap minggu.
Merencanakan akan sia-sia jika tidak ada keinginan untuk mewujudkannya.
8. 5 Orang Sehari
Bisnis adalah jaringan. Carilah jaringan yang berkualitas, dan jangan
hanya menunggu event atau kegiatan tertentu yang mengumpulkan banyak
orang. Jika Anda bukan orang yang mudah bergaul, tantanglah dirimu
sendiri dengan mengenal orang-orang baru minimal 5 orang sehari, lakukan
dalam waktu satu bulan dan lihat perbedaannya.
9. Men-charge Energi
Luangkanlah waktu Anda untuk bersantai, misalnya jalan-jalan 10 menit
setiap hari. Anda pantas mendapatkannya karena Anda telah bekerja keras
sepanjang hari. Bersantailah untuk mengisi ulang energi Anda, karena
bila Anda memaksakan untuk terus bekerja, hasil pekerjaan tidak akan
maksimal karena tubuh sudah terlalu capek dan susah untuk fokus.
0 komentar:
Posting Komentar